APA ITU PLATIDIUM

CINCIN DARI PLATIDIUM

Apa itu platidium – Pernahkah Anda mendengar kata platidium? Istilah sangat asing bagi masyarakat awam. Pasalnya jenis-jenis logam tidak sering digunakan dalam bahasa keseharian, karena memang penggunaannya memang terbatas.

Dalam dunia perhiasan, hanya ada beberapa jenis logam yang dapat digunakan dan dipilih sebagai bahan utama pembuatannya. Satu jenis yang sudah tersohor dan banyak digunakan adalah emas. Tapi tahukah Anda kalau ada jenis logam lain yang bisa digunakan sebagai perhiasan bahkan memiliki kualita yang tak kalah baik?

Ada beberapa jenis logam mulia yang bisa jadi pilihan lain saat Anda bosan dengan jenis emas, diantaranya adalah platinum, palladium atau platidium. Ketiga jenis logam tersebut merupakan logam-logam kualitas prima.

Sifat logam platinum, palladium dan platidium

Ketiganya memiliki sifat unggulan yang tak berbeda dari emas, seperti :

  • Awet
  • Tidak mudah kusam
  • Tahan gores
  • Tahan karat
  • Mudah perawatannya
  • Tidak menimbulkan alergi
  • Halal untuk laki-laki muslim

Semua keunggulan diatas dimiliki ketiga jenisnya.

Apa itu Cincin Platinum?

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘platinum’? APA ITU PLATINUM? sebagian besar orang mungkin masih asing dengan kata tersebut. Padahal, belakangan ini, logam yang berwarna putih mengkilap dengan kualitas tinggi ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk perhiasan. Lalu, apa itu cincin platinum?

Platinum termasuk dalam jenis logam mulia. Ada beberapa ciri khas yang jadi keuggulannya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Awet dan tahan lama
  2. Tahan gores
  3. Mudah perawatannya
  4. Aman untuk pria muslim
  5. Tidak menimbulkan reaksi alergi

Logam berwarna putih mengkilap ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai pehiasan semata. Namun, platinum juga banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, terutama dalam dunia sains dan juga teknologi. Hal ini tentu saja karena ditunjang dengan kelebihan yang dimiliki.

Palladium

logam palladium

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai platinum, ada juga yang disebut dengan logam palladium. Pernah mendengarnya? Logam dengan lambang unsur Pd tersebut masih satu keluarga dengan platinum. Kualitasnya masih masuk dalam kelompok premium. Hanya saja, berada di bawah platinum.

Palladium ini juga bisa jadi alternatif pilihan untuk para pria yang menghindari penggunaan perhiasan emas.

Kelebihan palladium hampir sama dengan kelebihan logam platinum. Bedanya adalah dari warna dan kepadatannya. Bicara kepadatannya, platinum jauh lebih padat dari palladium. Tidak heran bukan jika  kemudian platinum memiliki massa yang lebih berat dibanding emas?Sedangkan warna murni logam palladium ini jauh lebih gelap dibanding dengan platinum.

Kenalan, apa itu platidium?

Apa itu platidium? Pertanyaan selanjutnya, jenis logam platidium. Logam mulia yang satu ini merupakan inovasi terbaru untuk menghadirkan perhiasan dengan kualitas tinggi. Seperti yang kita tahu, untuk membuat sebuah produk yang sempurna, diperlukan alat dan bahan yang mumpuni. Bahan/material ini sangat menentukan hasil akhirnya.

Seperti dalam pembuatan sebuah perhiasan, baik emas maupun logam lain diperlukan komposisi paling pas. Emas tidak mungkin dibuat dengan komposisi 100% emas tanpa tambahan logam lain. Ini dikarenakan bahan emas yang cukup lunak berpotensi untuk mudah penyok saat terkena benturan keras. Untuk itu, emas perlu dicampur dengan logam lain yang lebih kuat. Sehingga, perhiasan emas nantinya pun jadi lebih kuat dan dapat digunakan beraktivitas tanpa khawatir mudah rusak.

Tampilan eksklusif cincin platidium

Tahukah Anda kalau cincin platidium ini hanya bisa dibuat dengan model-model atau desain simpel? Meskipun demikian, tampilan dari cincin jenis ini sangat elegan. Anda dapat melihat beberapa contoh cincin berikut ini :

Cincin simpel platidium satu mata

Cincin platidium dengan ukir laser

Menggunakan teknik ukir logam dengan teknologi laser, cincin dengan bahan logam platidium ini bisa tampil lebi h kece. Hasil ukirannya pun lebih terlihat rapi dan menggunakan teknik ini. Ukiran ini tidak akan luntur karena memang cekung. Tanpa permata atau aksen detail lainnya pun cincin ini tetap tampil berkelas.

Cincin polos dengan dobel finishing

Cincin polos dengan dobel finishing juga tidak kalah mempesona. Meskipun terlihat sederhana, kesan mewah dan tidak monoton sangat tampil dari perhiasan ini. Mau lihat beberapa contohnya? cek beberapa gambar ini :

Bagaimana cara perawatan cincin platidium?

merawat cincin
kamini.id

Merawat cincin bisa jadi satu hal penting agar cincin tetap terlihat eyecatching. Terlebih jika cincin tersebut adalah cincin penting seperti cincin tunangan atau cincin kawin. Namun tidak serumit perawatan cincin dari bahan emas ataupun perak, cincin dari platidium ini cukup mudah untuk dirawat. Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini :

  1. Jangan simpan cincin  platidium dengan perhiasan logam lainnya. Ini bisa membuat cincin mudah kusam
  2. Cucilah dengan menggunakan air hangat dan sabun
  3. Jika cincin platidium menggunakan polesan rhodium dilapisan luarnya, bisa dilakukan repolish secara berkala 6-1 tahun sekali. Namun, pada dasarnya logam bahan ini tidak mudah kusam, jadi jika Anda memilih cincin platidium dengan warna original, maka tidak perlu pusing memikirkan repolishnya.

Simpel sekali bukan. Jika dibanding dengan perawatan emas yang harus dicuci dengan bahan lembut, tidak boleh menggunakan benda dengan permukaan kasar, tidak digunakan diaktivitas berat karena khawatir patah atau tergores, dan masih banyak lagi. Ini sudah tentu jadi keunggulan dari platidium sebagai sebuah cincin. Cocok bukan untuk jadi pilihan Anda yang memiliki banyak kegiatan berat di luar ruangan.

Harga cincin platidium

Berapa sih harga cincin platidium di pasaran? Cincin atau perhiasan lain dari bahan ini belum banyak ditemukan di toko perhiasan biasa. Karena bahan ini belum banyak dikenal, Anda pun hanya bisa menemukannya di toko-toko tertentu. Selain itu, bahan utama pembuatannya seperti palladium dan platinum banyak digunakan untuk pemanfaatan teknologi dan sains. Tidak heran bukan jika kemudian harganya pun cukup tinggi dibanding dengan logam emas.

Setelah tahu apa itu platidium, pertanyaan selanjutnya adaalu berapa kisaran berapa sih? Sama seperti perhiasan logam lainnya, harganya dihitung dengan ukuran kadar dan gramnya. Untuk pilihan kadarnya, Anda bisa memilih diantaranya adalah +-10%, +-25%  sampai dengan +-87,5%. Cincin platidium dengan kadar +-10% pergramnya ada di kisaran +- Rp 800.000,-an. Sedangkan untuk kadar tertinggi  +- 87,5% ada di kisaran harga +-Rp 1.850.000,-an.

Sudah tentu semakin besar kadarnya, semakin mahal pula harganya. Dengan menentukan kadar ini, Anda juga bisa menyesuaikan berapa anggaran yang perlu dipersiapkan. Setelah semua persiapan siap, jangan lupa memilih toko terpercaya untuk memilihnya.

Sedang mencari toko rekomended cincin custom untuk hari bahagia Anda? jangan khawatir, Kotagede Jewellery siap menyediakannya untuk Anda. Tidak perlu pusing lagi, karena di sana Anda akan mendapatkan cincin dengan kualitas paling oke dengan garansi hingga 5 tahun. CHAT WA customer service di 0852 8000 7373 untuk info lengkapnya.