Berlian dan Cara Mengenalinya, Mau Tahu? Baca Ini!

Berlian memang menjadi salah satu pelengkap tampilan sebuah perhiasan. Namun tidak semua orang mengenal apa itu berlian dan cara mengenalinya. Hanya orang-orang dengan selera tinggi yang senang mengenakan cincin dengan permata batu mulia tersebut. Apakah Anda termasuk salah satunya? Agar tak terkecoh dan tertipu dengan berlian palsu, yuk kenali lebih jauh soal berlian.

berlian dan cara mengenalinya

Mengenal Apa itu Berlian

Berlian atau sering juga disebut intan, merupakan bahan alam yang cukup langka. Berlian berasal dari mineral yang terproses secara alami dalam kurun waktu yang lama di perut bumi. Sehingga untuk menemukannya pun butuh tenaga ekstra. Tidak heran jika kemudian berlian memiliki harga tinggi dan banyak dicari.

Secara kimia, intan merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Batuan mulia ini memiliki sifat-sifat yang sangat istimewa. Diantara keistimewaannya adalah tingkat kepadatannya yang bisa mencapai skala kekerasan Mohs (tingkat tertinggi) dan berlian mendispersikan cahaya secara sempurna. Sebuah keputusan tepat jika berlian dijadikan komponen pelengkap benda-benda berkelas seperti perhiasan.

4 penentu kualitas berlian

Cincin dengan permata berlian asli memang terlihat sangat menarik. Tentu saja karena kilaunya yang super cantik. Soal berlian dan cara mengenalinya memang tidak semua orang paham. Ada beberapa patokan yang menentukan kualitas sebuah berlian. Apa saja itu? Kita dapat kelompokkan dengan 4c yaitu  :

  1. Clarity/Kejernihan

clarity berlian
lifepal.co.id

Kejernihan sebuah berlian sangat menentukan kecantikan dan kilauannya. Beberapa batu berlian ada yang tampak agak butek atau kurang jernih karena adanya nitrogen alam yang terjebak karena proses alamiah di dalamnya. Karakter yang berpengaruh karena terjebaknya kotoran/noda di dalam batu berlian ini sering disebut dengan inklusi.

Semakin sedikit inklusi di dalam sebuah bongkahan batu berlian semakin mahal juga nilainya. Jadi kejernihan sebuah batuan berlian sangat menentukan nilainya, karena hal tersebut juga berpengaruh terhadap daya pantulnya ketika nanti sudah terbias oleh cahaya.

GIA (Gemological Institute Of America), menggolongkan kerjernihan berlian menjadi beberapa tingkatan, yakni :

  • FL (Flawless) atau sangat jernih : Berlian ini ada di tingkat kejernihan nomor satu. Pada berlian ini, tidak terdapat noda/include sama sekali, sehingga kejernihan dan pantulan cayaha yang masuk tidak perlu dipertanyakan lagi.
  • IF (Internally Flawless) : Jenis clarity yang satu ini ada di tingkat kedua. Karena pada berlian tersebut tidak memiliki noda di dalam batunya namun memiiki noda di permukaan luarnya. Noda tersebut hanya dapat terlihat jika dilihat dengan alat khusus.
  • VVS (very very slighty included) : Berlian dengan sedikit cacat bagian dalam karena klaritinya kurang sempurna. Dengan kata lain terdapat noda/include namun hanya terlihat jika dilihat secara seksama dengan teropong berlian.
  • VS (Very slighty included) : Merupakan klasifikasi berlian yang memiliki cacat pada bagian dalamnya namun tidak tampak langsung jika dilihat langsung, bisa terlihat jika menggunakan teropong berlian.
  • I (Included) : Included ada di tingkatan paling bawah, yakni klarity-nya kurang baik, sehingga nodanya mudah dilihat meski tanpa menggunakan alat khusus atau pun kaca pembesar.
  1. Carat/Besar karat

carat berlian
missjoaquim.com

Karat dalam berlian berbeda dengan karat yang dimaksudkan dalam logam mulia. Jika pada emas yang dimaksud karat adalah besaran kemurnian logamnya, namun hal ini tidak berlaku pada berlian. Besarnya karat pada berlian ditentukan dari kepadatan massanya. Jadi, karena berlian adalah benda murni yang terbentuk secara alami. Besaran kemurniannya pun tidak perlu dipertanyakan lagi.

Berat berlian yang Anda beli sangat menentukan harganya. Ukuran standar karat yang biasa digunakan adalah setiap karatnya sebanding dengan 200mg (0,02 g). Semakin berat berlian Anda semakin besar juga nilainya.

  1. Colour/Warna

Hal ini masih berkaitan dengan poin pertama, yakni terkait kejernihannya. Berlian asli terlihat jernih. Jika terdapat pantulan warna maka yang terlihat adalah warna kuning, kecoklatan atau bahkan abu-abu.  Warna ini dapat terlihat tanpa perlu menggerakkannya atau mencari pantulan cahaya. Semakin jernih berlian, semakin tinggi pula nilainya di pasaran.

  1. Cut/Jenis potongan

Bagaimana bentuk potongan berlian sangat menetukan kecantikan kilaunya ketika terkena bias cahaya. Ada beberapa jenis potongan berlian yang sering digunakan dalam sebuah perhiasan :

  • Ideal cut
  • Shallow cut
  • Deep cut

Sedangkan berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis potongan berlian yang sering ditemukan di pasaran, apa saja? Ini dia :

  • Emerald cut

emerald cut
ritani.com

Berlian dengan bentul emerald cut ini banyak digunakan pada cincin dan juga kalung. Bentuknya simpel memanjang seperti persegi panjang. Beberapa putri kerajaan inggris juga menggunakannya sebagai cincin tunangan.

  • Pear cut

pear cut
pinterest.nz

Pear cut adalah istilah yang digunakan pada jenis potongan berlian dengan bentuk seperti buah pir atau tetesan air. Bentuk klasik ini paling banyak digunakan dalam pembuatan kalung.

  • Round cut

round cut

Sound cut adalah bentuk paling umum dan simpel yang bisa Anda gunakan dalam perhiasan terutama cincin. Meskipun sederhana jika potongannya presisi, berlian dengan round cut terlihat sanga mewah.

  • Oval cut

oval cut
pinterest.com

Suka dengan bantuk oval yang menghadirkan kesan ramping tapi glamor? Pilih saja berlian dengan potongan oval.

  • Asscher cut

asscher cut
thesparkly-glog

Mirip-mirip dengan bentuk emerald, namun asscher cut ini dibuat dengan bentuk persegi.

  • Heart cut

heart cut
indianmart.com

Seperti namanya, berlian dengan heart cut ini memiliki bentuk seperti hati. Paling cocok digunakan pada perhiasan wanita.

  • Marquish cut

marquish cut
                                   indianmart

Memiliki bentuk yang hampir sama dengan oval cut. Namun pada ujungnya, marquish cut memiliki bentuk rucing

  • Radiant cut

radian cut
pinterest.com

Bentuk kotak jadi ciri khasnya. Berlian ini memiliki bentuk yang mirip atau bahkan sama dengan princess cut.

Kesalahan dan kurang presisinya cutting berlian sangat berpengaruh terhadap kecantikannya. Jadi pilihlah berlian dengan cutting rapi yang presisi agar tetap menawan dan mampu menunjang penampilan meski ukurannya tidak terlalu besar.

Cek keaslian berlian secara manual

ada beberapa cara untuk melihat keaslian berlian loh, diantaranya adalah dengan cara berikut ini :

  • Menggoreskannya pada permukaan kaca, jika kaca tersebut tidak tergores sama sekali, Anda patut curiga
  • Coba amplas berlian tersebut, berlian asli tidak akan meninggalkan goresan meski di gosok amplas
  • Cek embun. Coba hembuskan nafas, berlian menyebarkan panas. Jadi embun nafas akan langsung menghilang jika memang berlian tersebut asli
  • Uji retractivity. Berlian asli tidak membiaskan cahaya dengan warna-warni eperti pelangi. Kilau yang muncul pada berlian asli hanya warna apu putih.

Lembaga uji baboratorium berlian di dunia

Agar kita tahu jelas kalau berlian yang dibeli adalah asli, maka pastikan berlian tersebut juga memiliki kelengkapan sertifikatnya. Sertifikat ini menunjukkan legalitass dan keaslian berlian tanpa kita harus repot-repot menguji berlian dengan manual.

Ada beberapa lembaga atau perusahaan berlian yang sudah jelas kredibilitasnya dan memiliki laboratorium uji kemurnian berlian di dunia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. GIA (Gemological Institute Of America)
  2. AGS (American Gemological Society)
  3. EGL (European Gemological Laboratory)
  4. IGI (International Gemological Institute)
  5. HRD (Hoge Raad Voor Diamant)

Ada juga lembaga laborat di Indonesia yang sudah bisa menguji keaslian berlian, salah satunya adalah Aviannoor Gems Lab Yogyakarta.

Itu dia beberapa informasi terkait berlian dan cara mengenalinya. Semoga membantu!

Pilih cincin berlian hanya di Kotagede Jewellery

,

Kotagede Jewellery hanya mengguakan berlian berkualitas, diantaranylah berlian bersertifikat GIA (Gemological Institute Of America) dan berlian Eropa bersertifikat nasional (Aviannoor Gems Lab Yogyakarta). Keduanya tentu punya spesifikasi yang berbeda. Info lengkap bisa hubungi CS kami.

Setiap pembelian cincin platinum, Anda berhak mendapatkan permata berlian sebagai pemanisnya. Yuk jadikan cincin spesialmu makin istimewa dengan menambahkan berlian sebagai tahtanya. Jadi kakak mau menggunakan yang mana? Chat saja di CS kami, klik disini 0852 8000 7373.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *