Cincin Kawin Halal dalam Syariat Islam

CINCIN KAWIN HALAL

Satu hal yang tidak boleh lupa untuk disiapkan sebelum akad nikah adalah cincin kawin. Pemilihan cincin ini terkadang menimbulkan dilema, terutama bagi calon pengantin pria. Agama Islam memang melarang laki-laki mengenakan perhiasan emas, sehingga pengantin pria harus memakai cincin kawin halal.

Dahulu, pengantin pria memiliki pilihan cincin kawin yang sangat terbatas, yaitu cincin kawin perak. Kini, pilihan cincin kawin yang halal untuk mereka sudah semakin berkembang dan cara mendapatkannya pun juga mudah.

Bahaya Penggunaan Perhiasan Emas Bagi Pria

cara merawat cincin emas

Agama Islam biasanya memberikan larangan bagi umatnya karena memang ada hal yang tidak baik yang akan timbul jika larangan ini dilanggar. Seperti halnya larangan mengenakan perhiasan emas bagi pria, anjuran tersebut akan menimbulkan hal buruk pada kesehatan pria jika dilanggar.

Menurut penelitian, atom emas pada perhiasan emas dapat menembus kulit pemakainya dan masuk ke dalam aliran darah. Jika perhiasan emas dipakai dalam jangka waktu lama, darah serta urin akan mengandung atom emas yang melebihi batas normal.

Atom emas dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan kusutnya serabut sel saraf otak. Sehingga, pemakainya akan perlahan-lahan menjadi pelupa dan lama-lama mengidap alzheimer. Gangguan ini belum ada obatnya sehingga penderitanya harus dijaga agar tidak membahayakan dirinya sendiri

Uniknya, penelitian menyebutkan bahwa efek samping tersebut hanya terjadi pada pria. Efek samping tersebut tidak akan menyerang wanita karena diperkirakan wanita memiliki sel lemak unik di bawah kulit yang menghalangi atom emas masuk ke dalam aliran darah.

Pendapat lain mengatakan bahwa wanita tidak akan menderita efek samping tersebut karena mereka mengalami menstruasi setiap bulan. Dengan demikian,kelebihan atom emas dalam darah akan ikut terbuang saat menstruasi.

Jenis Cincin Kawin yang Halal Untuk Pengantin Pria

Karena pengantin muslim tidak diperbolehkan untuk memakai cincin kawin emas kuning maupun emas putih oleh agama Islam dan karena adanya efek samping di atas, maka beberapa jenis cincin kawin di bawah ini dapat menjadi pilihan Anda.

Cincin Kawin Perak

Cincin yang terbuat dari perak tentu saja halal untuk para pengantin pria. Perak yang digunakan untuk perhiasan biasanya merupakan campuran perak dan tembaga atau nikel. Jika Anda memiliki alergi nikel, Anda sebaiknya menghindari perhiasan ini.

Ketika Anda membeli cincin perak, Anda akan menemukan beberapa pilihan kadar, misalnya 800, 925, dan 950. Cincin perak 925 cukup mudah ditemui, namun beberapa orang mungkin kurang suka kualitasnya.

Warna keperakan dari cincin tersebut memiliki kecenderungan untuk cepat pudar. Jika Anda ingin memiliki cincin perak yang tidak mudah kusam, Anda sebaiknya memilih cincin perak 950. Kadar peraknya yang lebih tinggi membuat cincin tersebut memiliki kilau yang lebih tahan lama.

Untuk mengembalikan kilau perak, Anda hanya perlu meminta toko perhiasan untuk menyepuhnya kembali. Keunggulan cincin kawin perak adalah:

  • Harga lebih murah dari emas.
  • Cukup lunak sehingga mudah dibentuk.
  • Sifatnya ringan sehingga cincin kawin dapat dibuat menggunakan perak dalam bobot ringan.

Cincin Kawin Palladium

Cincin Kawin Tunangan Platinum Doff Elegant PT0259

Trend penggunaan cincin kawin palladium mulai berkembang beberapa tahun terakhir. Logam tersebut memiliki warna yang hampir sama seperti perak, namun lebih putih. Cincin Kawin palladium menawarkan berbagai keunggulan.

  • Tidak menimbulkan alergi untuk pemakainya.
  • Tidak mudah tergores.
  • Ringan
  • Warnanya tidak mudah luntur meski telah lama dipakai.

Akan tetapi, logam palladium ini bersifat keras sehingga agak sulit dibentuk. Semakin tinggi kadar palladium, semakin sulit diproses menjadi cincin kawin. Oleh karena itu, kebanyakan toko perhiasan menawarkan cincin palladium dalam kadar kurang lebih 50%.

Cincin Kawin Platinum

Cincin kawin platinum juga sangat populer pada saat ini. Perhiasan tersebut memiliki warna seperti cincin palladium dan terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan permata atau berlian. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh logam ini adalah:

  • Tidak mudah tergores.
  • Tahan lama.
  • Warna tidak akan pudar.
  • Tidak menimbulkan alergi.

Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh cincin ini. Salah satunya adalah lebih keras daripada palladium sehingga sulit dibentuk. Akibat kesulitan ini, proses pembuatan cincin platinum membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Platinum juga bersifat berat sehingga Anda akan membutuhkan banyak material logam ini untuk membuat cincin kawin. Banyaknya material yang dibutuhkan ini juga membuat harga cincin platinum lebih mahal. Selain itu, cincin ini juga akan terasa berat saat dipakai.

Cincin Kawin Platidium

Untuk mengatasi beberapa kekurangan platinum, maka dibuatlah cincin kawin dari platidium atau campuran platinum dan palladium. Cincin jenis ini memiliki sifat yang lebih ringan dan lebih lunak dari platinum sehingga lebih mudah dibentuk.

Cincin kawin platidium ini juga lebih murah daripada cincin kawin platinum. Meski demikian, kualitasnya tidak jauh berbeda dari platinum dan palladium. Cincin ini tidak mudah tergores dan warnanya tidak akan pudar.

Penggunaan Sepasang Cincin Kawin Beda Material: Bolehkah?

Beberapa pasangan mengalami perbedaan pendapat tentang jenis logam yang akan mereka gunakan untuk cincin kawin mereka. Pengantin wanita mungkin ingin cincin kawin dari emas karena berbagai alasan. Sedangkan pengantin pria lebih memilih cincin kawin yang halal.

Di sisi lain, terdapat suatu anggapan di masyarakat bahwa sepasang cincin kawin harus terbuat dari bahan yang sama dan memiliki model polos yang sama. Jika kedua cincin terbuat dari material berbeda dan dengan model berbeda, mereka percaya bahwa pernikahan tersebut tidak akan langgeng.

Namun, Anda sebaiknya tidak menghiraukan mitos tersebut. Anda tetap boleh memesan sepasang cincin kawin yang terbuat dari material yang berbeda dan dengan model berbeda. Jadi, jangan jadikan perbedaan pendapat mengenai material cincin kawin menjadi masalah di antara Anda dan pasangan.

Cara Memperoleh Cincin Kawin Halal

Di era modern ini, cincin kawin yang halal mudah sekali diperoleh. Anda bahkan tidak perlu pergi ke manapun untuk membelinya. Cukup dengan membuka browser di smartphone atau PC, Anda dapat terhubung dengan toko cincin kawin.

Toko perhiasan online ini menyediakan banyak desain cincin kawin yang terbuat dari berbagai pilihan jenis logam. Sehingga, Anda pasti dapat dengan leluasa memilih cincin tersebut. Beberapa produk tersebut bahkan terdiri dari sepasang cincin kawin yang terbuat dari material dan desain yang berbeda.

Agar Anda memperoleh cincin kawin berkualitas dan halal dari toko perhiasan online, pastikan bahwa toko tersebut:

  1. Menjamin keaslian logam yang digunakan.
  2. Menjamin bahwa desain dan ukuran cincin kawin yang dikirim sesuai dengan pesanan.
  3. Merupakan toko perhiasan online terpercaya dan berpengalaman, dapat dibuktikan melalui kepemilikan dokumen-dokumen pendukung, misalnya SIUP dan NPWP.
  4. Pengiriman terjamin, aman, dan diasuransikan sehingga cincin kawin pesanan Anda sampai dengan selamat di tangan anda.

Cincin kawin halal ternyata tidak hanya akan membuat akad nikah lebih sempurna, namun juga menghindarkan pengantin pria dari bahaya penyakit alzheimer. Untuk memperoleh cincin ini, Anda dapat memesannya di Kotagede Jewellery yang terpercaya dan berpengalaman. Klik disini untuk konsultasi gratis!