Cincin Tunangan Emas Putih

Cincin menjadi sebuah benda yang tak boleh ketinggalan ketika Anda melangsungkan pertunangan. Sebuah perhiasan yang disematkan kepada kedua pasangan ini menandakan keseriusan hubungan keduanya untuk mengikat agar abadi seperti lingkaran sebagai simbolnya. Emas merupakan bahan utama yang biasanya jadi pilihan para pasangan, cincin tunangan emas putih termasuk salah satunya.

Tunangan sendiri merupakan acara spesial bagi seorang pasangan karena dalam tahap ini berarti mereka mulai memikirkan jenjang keseriusan bagi hubungan mereka. Tak heran jika biasanya sang keduanya akan melangsungkan pertunangan sebagai ikrar persetujuan mereka untuk melangkah lebih jauh. Dengan menggunakan simbolisasi emas, keduanya diharapkan agar dapat menjaga keabadian kasih sayang yang telah terjalin.

Makna cincin tunangan sendiri sebenarnya adalah keabadian. Tercermin dari bentuknya yang bulat penuh tanpa terputus, terbuat dari emas yang melambangkan dan pemakaiannya di jari manis yang dipercaya terhubung langsung ke jantung. Tradisi ini sudah berlangsung lama, bahkan sejak zaman kerajaan kuno.

Keunggulan dari cincin emas putih

Sebagai logam yang makin naik daun beberapa tahun belakangan, emas putih memilki daya tarik yang menjadi keunggulannya, diantaranya:

Berwarna cerah dan elegan.

Sebuah cincin berwarna putih mengkilap ini mampu memberi kesan modern yang berkelas bagi pemakainya. Warna ini juga masuk ketika dipadukan dengan pakaian apapun. Meski tidak terlalu mencolok seperti emas kuning, emas putih memiliki nuansa trendy yang sangat cocok dengan kesibukan orang-orang jaman sekarang.

Tetap terbuat dari emas.

Meskipun bukan berwarna kuning, cincin ini tetap terbuat dari emas, jadi tetap memiliki nilai jual yang bagus. Emas putih terbuat dari campuran emas murni dengan logam lain berwarna putih. Perhiasan jenis ini akan dilapisi rhodium agar warnanya lebih nampak putih berkilau.

Ringan, emas ini juga bersifat ringan.

Jadi, aman bukan bagi Anda karena tidak merasa berat di jari. Anda tidak terlalu terganggu kalaupun tidak terbiasa mengenakan perhiasan. Hal ini jadi kelebihan emas yang juga banyak disukai orang, sebab saat beraktivitas tidak terasa mengganggu.

Bisa digunakan dalam segala suasana, 

Tidak seperti emas rosegold yang lebih cocok dilingkarkan di jari manis wanita, emas putih bersifat unisex, atau bisa dikenakan semua gender.

Tidak membosankan.

Warna netral yang menjadi warna dasar cincin ini memang tidak membosankan. Jadi cocok bukan jika digunakan berlama-lama? Selain itu, warna putih pada emas tersebut juga mampu memberi kesan elegan, jadi siapapun yang mengenakannya akan terlihat menawan.

Mudah mencarinya

Emas putih termasuk komoditi logam perhiasan yang dapat dengan mudah Anda temukan. Jenis cincin dari emas memang mudah ditemukan. Tentu saja, karena emas memang sudah punya tempat tersendiri di hati maysarakat, termasuk emas putih

Mudah dibentuk

Nah, untuk Anda yang lebih suka cincin dengan berbagai motif yang detail, cincin emas putih bisa jadi pilihan. Karena sifat emas yang cenderung elastis membuatnya mudah untuk diukir dan dibentuk. Tidak seperti palladium, platinum, atau platidium, emas putih termasuk bahan yang fleksibel teksturnya, jadi mudah dikerjakan jika cincin yang diinginkan itu banyak detailnya, resiko kegagalanpun rendah.

Merawat emas putih

Sebagai logam campuran, emas putih juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa cara merawat cincin emas putih agar tetap cemerlang:

  1. Jangan terlalu sering terpapar bahan kimia, agar warnanya tak mudah luntur. Jika Anda bekerja di tempat yang harus menggunakan bahan kimia, cincin bisa dilepas dulu, atau gunakan sarung tangan.
  2. Lakukan penyepuhan ulang, atau repolish agar warnanya tetap stand out. Warna yang dihasilkan dari rhodium dapat luntur atau kusam seiring berjalannya waktu dan penggunaan. Anda bisa lakukan repolish kepada pengrajin sekitar setahun sekali agar tetap cantik. Hal ini tentu saja karena emas memiliki warna asli bukan putih, jadi tentu saja butuh perawatan khusus
  3. Jangan gunakan untuk aktivitas berat, cincin ini bisa peot, penyok atau melengkung (berubah bentuk) karena keelastisannya. 

Bagi Anda yang mempunyai riwayat alergi terhadap logam, baiknya tanya kepada pihak toko ketika membeli emas putih apa saja campuran di dalamnya. Karena beberapa emas putih ada yang dicampur dengan logam nikel. Logam nikel dapat menimbulkan alergi kepada orang dengan kulit sensitif. Seperti ruam-ruam gatal, bersisik, atau yang lainnya. Tapi tidak masalah jika Anda tak punya alergi.

Model-model cincin yang dapat dibuat dari emas putih

Tertarik untuk memiliki cincin tunangan emas putih? agar di hari istimewa jemari juga tampil cantik, tentukan model yang pas ya. Mau cari referensinya? lihat beberapa contohnya dibawah ini :

Dari model sederhana hingga model yang penuh detail, dari cincin polos hingga penuh ukiran dan permata, semua bisa dibuat dari emas putih. Tidak perlu bingung lagi deh mau menentukan yang mana. Saran utama saat akan menentukan model cincin adalah pilih satu model yang itu adalah style Anda. Pastikan jika Anda akan mengenakannya nanti dapat merasakan nyaman dan percaya diri.

Tempat cari cincin tunangan

Masih bingung mau cari cincin tunangan dimana? Ada rekomendasi tempat yang perlu Anda ketahui dalam mencari cincin tunangan atau lamaran. Ialah Kotagede Jewellery, sebuah toko perhiasan yang menyediakan cincin tunangan emas putih, platinum, palladium dan emas biasa. Tentukan sendiri pilihan Anda, bisa juga custom model bagi Anda yang ingin punya cincin pasangan unik. Untuk pemesanan bisa hubungi:

Alamat : Jl. Gedongkuning No.97 Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, DIY

IG           : @kotagede_jewellery @cincinkawin.emas @cincinkawinbagus

WA         : 0852 8000 7373

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *