Pentingnya Komunikasi Berumah Tangga

Komunikasi berumah tangga

Komunikasi jadi hal penting yang tak boleh terlewatkan dalam bidang kehidupan apapun, temasuk dalam berkeluarga. Seakan jadi nyawa sebuah hubungan, komunikasi juga jadi perekat dan penentu kualitas hubungan. Ini dia alasan kenapa komunikasi berumah tangga jadi hal penting yang harus dijaga :

komunikasi berumah tangga
gambarprewedding.blogspot.com

Menghindari konflik karena kesalahpahaman

Banyak permasalahan timbul akibat adanya kesalahpahaman. Untuk menghindarinya, saling terbuka dan berkomunikasi bisa dilakukan. Ketika satu sama lain mengerti, maka tidak akan ada yang namanya salahpaham karena semua ada titiktemunya.

Hal ini juga dapat mencegah adanya praduga-praduga satu sama lain yang jadi sumber masalah. Jika setiap pasangan sudah memahami pentingnya komunikasi berumah tangga, maka para pasangan justru dapat makin erat hubungannya setelah diterpa konflik.

Membangun ikatan bathin

membangun ikatan bathin suami istri
beautynesia.com

Ikatan bathin dapat terjalin dari adanya komunikasi yang dijalin. Intensnya komunikasi dapat membuat orang-orang yang terlibat menjadi bersimpati satu sama lain. Terlebih jika keduanya menjalani komunikasi dengan baik. Sehingga pesan dan ikatan pun akan terjalin mendalam.

Lebih mengenal karakter pasangan

komunikasi berumah tangga
histeria project via id-pinterest.com

Bagaimana kamu mengenal pasanganmu? Pastinya dengan saling bertukar pesan bukan? Komunikasi berumah tangga tidak hanya berupa saling ngobrol satu sama lain melalui kata-kata. Komuniasi non verbal dengan mimik atau gerak tubuh lain juga bisa membantu kita mengenal pasangan. Jika ini sudah terbangun dengan baik, pasti setiap pasangan dapat membentuk keluarga ideal dengan lebih mudah.

Bisa mencapai tujuan bersama dengan mudah

komunikasi berumah tangga
grid-id

Sudah pasti dong, kalau sebuah pesan tersampaikan dengan baik, maka apa yang diinginkan dari pihak-pihak yang berkomunikasi bisa menemui titik temu. Jika sudah demikian, maka tujuan bersama pun dapat dicapai dengan mudah karena tidak adanya prasangka dari satu-sama lain, yang ada hanya sebuah kejelasan.

Hal inilah yang kemudian jadi penentu bagaimana komunikasi berumahtangga itu jadi penting. Makin bagus sistem komunikasi yang dibangun dalam sebuah rumah tangga, makin bagus juga kualitas hubungan yang dibangun di dalamnya.