Mengenal Cincin Pernikahan Emas yang Paling Rekomended

Cincin Pernikahan Emas Seperti Apa yang Bagus?

Menikah jadi sebuah tahap kehidupan spesial yang dinantikan oleh seseorang yang sudah memasuki usia dewasa. Prosesi pernikahan menjadi suatu yang ditunggu-tunggu. Tidak mengherankan jika kemudian setiap orang akan menyiapkannya secara matang dan penuh pertimbangan. Segala pernak-pernik dan keperluan yang mencakup segala keperluannya akan dipersiapkan secara matang. Hal ini tentu saja agar acaranya dapat berjalan lebih berkesan. Persiapan ini termasuk juga cincin kawin. Salah satu yang banyak dipilih adalah cincin pernikahan emas.

Cincin pernikahan dari bahan emas jadi pilihan favorit banyak orang karena cincin melambangkan kemakmuran mereka yang menggunakannya. Selain itu, emas juga memiliki warna yang cantik dan cukup menarik sehingga dapat menjadi aksesoris penunjang penampilan. Tidak seperti perhiasan imitasi, perhiasan emas lebih disukai karena juga mampu memberi kesan elegan.

Sifat dasar perhiasan emas

Bagi Anda yang sedang mencari cincin pernikahan emas, yuk kenali beberapa hal berkaitan dengan emas dan sifatnya berikut ini :

  • Emas memiliki sifat fleksibel dan lentur, sehingga saat terkena panas suhu tinggi dapat meleleh. Demikian juga saat terkena benturan atau tekanan yang keras, emas dapat berubah bentuk sehingga tidak lagi cantik.
  • Emas idak tahan gores. Karena sifatnya yang fleksibel dan tidak keras, emas tidak tahan terhadap benda-benda tajam. Sehingga, jika perhiasan emas terkena goresan benda tajam akan terdapat bekas guratan yang cukup terlihat.
  • Emas memiliki nilai investasi, karena termasuk dalam logam mulia, perhiasan emas pun bisa jadi tabungan atau investasi. Hal ini karena emas memiliki harga yang cukup stabil, bahkan memiliki kemungkinan untuk naik. Meskipun emas perhiasan harganya tidak sebagus emas murni, namun harga jualnya cukup stabil. Untuk sebuah benda dengan nilai tinggi. Ini cukup aman untuk tabungan Anda.
  • Mempunyai warna yang cantik. Emas dengan warna dasarnya saja dapat menampilkan warna yang sangat cantik. Kuning elegan sdengan kilaunya ini sangat memberi kesan glamor seseorang yang mengenakannya. Selain warna kuning mengkilat, Anda juga dapat memilih warna lain dari sebuah perhiasan emas, yakni putih dan merah keemasan. Warna putih dapat lebih mencerminkan keeleganan. Tidak hanya itu, bagi mereka yang ingin menggunakan perhiasan dengan warna hitam. Cincin emas pun bisa jadi pilihan, sebab bisa bisa juga dilapisi dengan akrilik atau rhodium.

Model cincin emas pernikahan terbaru

Memilih model cincin kawin yang cocok dengan keinginan jadi hal yang penting saat membeli cincin pernikahan. Tentu saja ini akan menambah aura kecantikan makin keluar karena dapat percaya diri ketika mengenakannya. Ada beberapa model cincin yang bisa Anda pilih, dari cincin elegan, simpel ataupun cincin yang penuh detail. Berikut ini beberapa contoh cincin yang mungkin bisa Anda gunakan di hari bahagia nanti :

 

Cincin emas menjadi salah satu perhiasan yang paling banyak diburu hingga kini. Dibanding bahan lainnya, emas memang masih saja menempati peringkat tertinggi. Tidak mengherankan jika kemudian cincin emas sangat mudah ditemukan. Namun, saking banyaknya model emas yang muncul, beberapa orang tidak dapat membedakannya. Mana cincin asli dan berkualitas dan mana cincin dari emas yang abal-abal. Secara tampilan fisik, tentu saja tidak terlalu tampak. Namun ketika sudah digunakan dalam waktu yang lama, perbedaan keduanya terlihat makin jelas.

Perbedaan yang terlihat jauh ini karena efek perlakuan yang diterima emas itu sendiri. Perhiasan emas yang sering terpapar bahan kimia, dan yang dibuat dengan campuran logam kualitas biasa akan mudah tampak kusam. Hal yang berbeda akan terjadi pada emas berkadar tinggi dan berkualitas karena dibuat dengan menggunakan campuran logam kualitas. Tidak heran jika warnanya tetap cantik.

Kadar emas paling pas untuk perhiasan

Emas dengan kadar 100% tidak dapat dibuat sebagai perhiasan. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Emas memiliki sifat dasar yang cukup lunak atau fleksibel. Jadi, karena sifatnya ini, emas mempunyai kemungkinan akan berubah bentuk ketika sudah jadi perhiasan. Terlebih jika cincin terkena benturan.

Lalu, berapakah kadar emas dalam pembuatan cincin atau perhiasan yang paling pas untuk dijadikan menjadi sebuah perhiasan? Jawabannya ada diangka 18 karat. Angka ini cukup ideal untuk dijadikan perhiasan. Hal ini tentu saja, karena komposisinya yang pas dapat membuat tampilannya terlihat maksimal cantiknya. Belum lagi jika campuran logam yang digunakan juga merupakan sebauh logam berkualitas, maka dapat dipastikan kualitanya pun makin mumpuni.

Jika terlalu sedikit kadar emasnya, sudah pasti tampilannya kurang menarik, jika dibuat 100% emas itu tidak mungkin, karena dapat sangat mudah berubah bentuk. Paling tidak cincin emas cantik dibuat dengan kadar 50-75%.

Memilih bahan pembuatan cincin selain emas

bahan pembuatan cincin

Mengenakan cincin kawin setelah sah jadi pasangan suami istri sepertinya sudah jadi kebiasaan. Cincin sendiri dipilih jadi simbol pernikahan karena bentuknya yang melingkar melambangkan keabadian. Sudah tentu hal ini jadi harapan setiap pasangan agar mereka dapat selalu bersama dan abadi kisah cintanya.

Selain bentuk melingkar ini, hal lain yang kerap lekat dari sebuah cincin kawin adalah cincin terbuat dari logam emas. Tahukah Anda kalau pemilihan bahan ini dipilih juga karena emas menggambarkan nilai kemakmuran. Sudah pasti pasangan yang menikah juga berhadap kelak rumah tangga yang dibangunnya dipenuhi dengan kemakmuran. Tidak heran bukan, jika kemudian emas banyak dipilih jadi cincin kawin?

Namun, seiring ditemukannya berbagai fakta keilmuan penggunaan emas makin berkurang. Pemahaman seseorang tentang keagamaan, belum lagi mereka makin melek kesehatan menjadikan banyak orang sadar dan menghindari emas. Terutama untuk pria muslim. Dalam ajaran Islam, pria dilarang menggunakan emas, apapun pemanfaatannya. Beberapa penelitian menyebutkan efek negatif penggunaan cincin pernikahan emas untuk pria dapat meningkatkan kemungkinan resiko alzeimer.

Jenis-jenis logam pembuatan cincin

Selain menggunakan emas, Anda dapat menggunakan bahan lainnya yang lebih aman untuk kesehatan. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah :

Platinum

Cincin-Kawin-Tunangan-Platidium Lis CouplePD0300WG

Memiliki lambang unsur (pt), logam ini bisa jadi pilihan selain emas, karena warnanya cantik, yakni putih mengkilat. Tidak mudah kusam, tidak mudah tergores. Dibanding dengan emas, platinum lebih keras dan lebih berat, tentu saja ini jadi sebuah keunggulannya. Jadi, cincin kawin Anda akan lebih awet walaupun digunakan bertahun-tahun. Namun, harganya tentu saja lebih tinggi. Cincin dari jenis ini tidak dapat dibuat dengan mudah jika desainnya terlalu rumit. Sifat kerasnya jadi tantangan tersendiri untuk tenaga yang membuatnya.

Palladium

cincin kawin palladium diagonal style

Palladium merupakan sebuah logam yang juga memiliki sifat hypoallergenic. Sifat yang tidak hanya dimiliki oleh platinum, jadi tetap aman untuk mereka yang memiliki alergi logam. Selain itu, palladium juga tidak kusam, tidak mudah tergores. Namun, agak berat, karena partikelnya padat. Ciri khas yang jadi sifat logam ini adalah berwarnanya agak gelap, jadi putih keabuan.

Platidium

cincin pernikahan emas

Nah, platidium sendiri merupakan campuran dari bahan platinum platidium. Dua bahan ini tentu saja jadi bahan unggulan yang juga bisa jadi pilihan untuk pria yang menghindari penggunaan emas. Awet, keras, tidak mudah kusam, cocok bukan untuk jadi cincin nikah?

Perak

Sepertinya bahan ini sudah tidak terlalu asing di telinga masyarakat. Warnanya putih mengkilat dan cukup ringan. Harganya tentu saja lebih terjangkau dibanding ketiga jenis logam diatas. Namun, kelemahannya adalah logam ini dapat memudar atau kusam seiring penggunaannya. Satu hal lain yang jadi kelemahannya adalah tidak cukup keras, sehingga dapat termodel dapat bekas saat tergores benda tajam.

Konsultasi? Hubungi Whatsapp Kotagede Jewellery 0823 4063 958.

Jadi, lebih pilih yang mana? Anda dapat menggunakan emas ataupun logam lain sebagai cincin kawin. Yang pasti, gunakan bahan yang membuat Anda nyaman ketika mengenakannya. Gunakan pula cincin dengan model yang tidak akan mengganggu penampilan, dan aktivitas, serta timeless.

Untuk dapat mendapatkan cincin pernikahan emas pernikahan berkualitas, Anda bisa mencari informasi lengkapnya dengan menghubungi toko cincin kredibel. Kotagede Jewellery dapat jadi toko yang Anda kunjungi untuk mendapatkannya. Tidak hanya melayani secara offline, toko ini bisa diakses secara online, melalui website maupun konsultasi via whatsapp.

·      Fan page Facebook: https://www.facebook.com/cincinkawin.premium

·      Google Search Map : “Cincin Kawin Kotagede Jewellery”

·      Youtube : Kotagede Jewellery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *